Monday, October 22, 2018

perempuan sebagai transformator nilai-nilai religiositas dan kebangsaan





Peran perempuan sebagai trasnformator nilai-nilai religiositas dan kebangsaan

Perkembangan zaman menyebabkan degradasi budaya dan nilai-nilai kebangsaan mulai luntur. Kemajuan teknologi membuka pintu gerbang informasi sehingga tak bisa dikendalikan menyebabkan arus globalisasi dan terakumulasinya budaya-budaya baru yang masuk. Dalam menghadapi masalah ini kita membutuhkan peran perempuan sebagai tranformator nilai-nilai religiositas dan kebangsaan.
Peran perempuan menjadi sangat penting karena perempuan adalah orang pertama yang dikenal oleh anak serta guru pertama anak-anak di dalam rumah atau keluarga. Perempuan harus mampu menyeimbangkan peran domestik dan publik dalam menjalankan perannya. Dalam ranah domestik perempuan sebagai seorang perempuan harus mampu menanamkan nilai-nilai religiositas sehingga anak memiliki wawasan keagamaan yang bagus. Hal tersebut diharapkan agar anak menjalankan kehidupan selanjutnya memiliki dasar nilai keagamaan sehingga anak mampu mengemban segala amanah dengan rasa tanggung jawab yang tinggi. Anak juga akan cenderung lebih jujur dalam bertindak karena merasa punya tanggung jawab di hadapan Tuhan nya.
Selain menanamkan nilai-nilai religiositas anak juga perlu ditanamkan nilai-nilai kebangsaan atau nilai-nilai nasionalisme. Alasan mengapa anak-anak perlu ditanamkan nilai-nilai nasionalisme yaitu agar anak memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi terhadap negara nya. Jika nilai itu tertanam dengan baik maka anak akan selalu mengusahakan yang terbaik untuk bangsanya dan ketika ia dewasa kelak rasa sosial dan kemanusiaannya akan tumbuh seiring dengan nilai nasionalismenya tersebut. Dimasa depan anak akan memiliki cita-cita yang mulia setiap hal yang ia lakukan akan didedikasikan untuk bangsanya atau bisa dikatakan nilai egoisme akan menurun. Sehingga anak lebih mementingkan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi. Kejahatan seperti korupsi, menipu dan lain-lainnya akan berkurang sebab anak memiliki tanggung jawab yang besar untuk negara nya.
Gabungan nilai religiositas dan kebangsaann merupakan satu kesatuan tidak bisa dipisahkan. Nilai religiositas akan mengantarkan anak ke ibadah ritual yang akan di aplikasikan ke nilai kebangsaan dalam aksi ibadah sosialnya. Namun untuk kedua nilai-nilai tersebut seorang ibu harus mampu memahami serta mampu mengtransformasikan nya dalam laboratorium yang bernama keluarga.  Seorang ibu harus mampu membagi perannya dalam ranah domestic dan publik. Hal tersebut bukan berarti tanggung jawab diserahkan kepada perempuan semua namun butuh kerjasama dengan seorang ayah yang juga harus mampu memahami nilai religiositas dan kebangsaan.
Keluarga merupakan sekolah pertama yang akan dikenal pertama kali oleh seorang anak. Memaksimalkan pendidikan dalam keluarga akan membentuk anak menjadi pribadi yang baik dimasa yang akan mendatang. Dalam ranah lingkungan yang lebih besar seorang anak akan lebih siap dan mampu menghadapi segala persoalan apabila ia mampu memegang nilai-nilai yang didapatkan dalam keluarga. Mari kita saling membenahi diri dan terus bertumbuh. Apabila kalian sudah menikah maka pelajarilah ,benahilah apa yang salah dalam mendidik anak. Kalian yang belum menikah marilah pelajari nilai-nilai tersebut untuk kebaikan masa depan anak dan bangsa kita mendatang.
Masa depan bangsa yang akan datang harus di pegang oleh generasi emas yang berkeadilan agar mereka mampu membawa bangsa kearah yang tepat. Karena dari tangan kita sekaranglah masa depan akan kita bangun maka bersiaplah melairkan generasi yang berkualitas.

Salam nasionalis


Baca juga yuk

https://sekilasmalang.com/2019/05/09/simak-talk-show-bareng-martha-raetz-bicara-tentang-penanganan-anak-berkebutuhan-khusus/

4 comments:

  1. Yap, ada baiknya kit amulai daridiri sendiri untuk membenahi apa yangb salah dalam emndidika anak. Tanpa menyalahkan karena 'anak'nya memang begitu, bal bla lainnya. Tanpa menyahkan anak, kita sendiri sebagai seorang ibu yang yang membenahi diri dalam mendidik mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena ibu merupakan ujung tombak peradaban merekalah yang mendidik pertama kali para generasi emas

      Delete
  2. BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

    Dapatkan Bonus Spesial Ulang Tahun B-o-l-a-v-i-ta ke 6 !
    Event Promo Freechips Deposit s/d Rp 2.000.000,-
    Berlaku 10 Maret 2019 Pukul 12:00 - 19:00 WIB
    Yuk Gabung Bersama B-o-l-a-v-i-t-a Di Website www. b-o-l-a-v-i--ta .fun
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: B-O-L-A-V-I-T-A
    WA: +62-8-1-2-2-2-2-2-9-9-5

    ReplyDelete
  3. Stainless Steel vs Titanium Apple Watch - T-Shirt
    Stainless gold titanium steel vs titanium Apple Watch. titanium hair trimmer as seen on tv . titanium exhaust wrap It's the most expensive everquest: titanium edition watch. titanium mug . Stainless Steel and Apple Watch Features: $299.99 · ‎In stock

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa beri komentar ya ?